Rabu, 19 September 2012

SERTIFIKASI DOSEN BERES 2014

SERTIFIKASI DOSEN BERES 2014

Kementerian Pendidikan nasional (Kemendiknas) menargetkan seluruh dosen akan mengantongi sertifikasi pada tahun 2014 mendatang.
Kemendiknas memberikan kemudahan bagi dosen yang bersedia mengajar di daerah terpencil untuk mendapatkan sertifikasi. Rector Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Muchlas Samani menegaskan program tersebut akan terus dilanjutkan untuk mencapai sertifikasi dosen empat tahun mendatang. Jumlah dosen lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah guru sehingga kami optimis bisa dilaksanakan dalam 4 tahun, ujarnya.
Saat ini masih ada 100 ribu dosen yang belum memiliki sertifikat sertifikasi. Yang sudah menerima sertifikasi dosen baru 50 ribu dosen, sisanya masih dalam proses.
Tahun ini kata Muchlas, DIKTI memberikan kesempatan kepada 12 ribu dosen dalam sertifikasi, semetara tahun depan Dikti mengajukan 18 ribu dosen untuk menambah jumlah kuota sertifikasi dosen.
Menurut Muchlas, beberapa perguruan tinggi (PT) di kabupaten atau kota di luar pulau jawa mengeluhkan kekurangan dosen pengajar di bidang tertentu. Mereka cenderung memilih bertugas di kota dariada di daerah yang jarang penduduknya. Apalagi di tempat yang sulit akses informasi.
Hal itu terjadi di papua, Sulawesi dan Kalimantan. Perguruan tinggi di daerah tersebut masih membutuhkan dosen pengajar informatika, kedokteran, akuntansi, dan elektronika.
Selain diberikan kemudahan untuk sertifikasi dosen bagi yang mengajar di daerah terpencil, juga akan diberikan insentif (tunjangan profesi) sehingga menarik agar para dosen mengajar di daerah terpencil.


0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by elhakiem | also by lhkiem